Header Ads

Secanggih Apapun, 5 Hal Ini Tak Tergantikan oleh Teknologi

loading...


Teknologi sudah jadi bagian penting buat kehidupan manusia. Tanpa teknologi, peradaban manusia di abad 21 ini gak akan ada bedanya dengan ribuan tahun yang lalu, atau bahkan dengan zaman purbakala.
Meski begitu, teknologi kerap disebut menggeser kehidupan manusia itu sendiri. Buktinya, sudah banyak banget peran manusia yang tergantikan oleh teknologi seperti buruh pabrik yang digantikan mesin, atau loket parkir yang kini otomatis tanpa petugas di dalamnya.
Tapi, ternyata gak semua hal bisa diambil alih sama teknologi. Secanggih apapun itu, ternyata ada aja hal-hal yang belum bisa digeser oleh teknologi. Berikut ini Jaka ulas lima hal yang tak tergantikan oleh teknologi.

5 Hal yang Tergantikan oleh Teknologi

1. Pacar/Kekasih

hal-tak-tergantikan-teknologi-1
Jaka pernah kasih tau kan kalo banyak pria atau laki-laki zaman sekarang punya kecenderungan lebih memilih robot ketimbang perempuan asli? Tapi tetap aja, robot belum bisa kasih apa yang manusia bisa berikan.
Meski punya pasangan manusia itu kadang merepotkan. Belum lagi sifat buruk masing-masing yang kadang nyebelin dan bikin sering bertengkar. Namun, berhubungan dengan manusia pasti akan jauh lebih berfaedah dibanding dengan robot yang kesannya nurut-nurut aja, tapi sebenarnya gak punya jiwa apalagi cinta.

2. Kamera Profesional

hal-tak-tergantikan-teknologi-2
Kamera? Ya, kamera sendiri sebenarnya memang sebuah benda yang tercipta berkat teknologi. Teknologi yang dimaksud sedang mencoba menggantikan peran kamera profesional adalah smartphone. Kini banyak banget smartphone yang menawarkan kamera dengan kualitas setara kamera profesional, bahkan lebih.
Meski menawarkan berbagai fitur macam sensor ini-itu, dual kamera sampai diafragma yang luar biasa bikin bokeh, tetap belum bisa gantiin peran kamera profesional. Apalagi untuk tugas atau pekerjaan yang membutuhkan kamera profesional. Kalo menggunakan smartphone, malah terkesan gak profesional.

3. Agenda

hal-tak-tergantikan-teknologi-3
Pasti kebanyakan dari kita sekarang ini lebih memilih menggunakan smartphone saat harus mencatat sesuatu yang penting, ketimbang harus menulis di buku catatan atau agenda. Lebih praktis memang, tapi ternyata ada satu kelebihan yang bisa kamu dapat kalo menggunakan agenda.
Menurut penelitian Pam Mueller (Princeton University) dan Daniel Oppenheimer (University of California Los Angeles), kita yang masih menulis di agenda dengan menggunakan bolpen akan memiliki kemampuan mengingat yang lebih baik daripada yang hanya mencatat di smartphone. Dalam kasus ini, bisa dibilang agenda malah bikin kita lebih pintar dibanding smartphone

4. Buku

hal-tak-tergantikan-teknologi-4
Generasi kita di zaman ini sering dibilang sebagai generasi yang males banget sama yang namanya membaca, apalagi baca buku fisik. Rasanya gak salah karena kini memang teknologi menawarkan kita sesuatu yang lebih menarik dari sekedar buku fisik. Banyak dari kita pasti lebih senang membaca via web atau bahkan lebih suka menonton video.
Tapi, buku fisik nyatanya masih belum tergantikan dalam beberapa hal. Kebutuhan pendidikan misalnya, siswa masih belajar menggunakan buku fisik atau dosen yang masih mewajibkan buku fisik sebagai salah satu sumber referensi.

5. Jam Tangan

hal-tak-tergantikan-teknologi-5
Jam tangan atau arloji kini kesannya memang sekedar jadi aksesoris yang membuat penggunanya terlihat lebih keren. Apalagi, harga arloji yang sekarang terbilang mahal kadang jadi prestise tersendiri buat para pemakainya.
Belakangan ini muncul yang namanya smartwatch atau arloji dengan fitur canggih serupa smartphone. Meski begitu, sampai sekarang masih jarang banget orang menggunakan smartwatch. Kesan klasik dan keren masih bikin banyak orang memilih menggunakan arloji.


























Source : Jalan Tikus

No comments